PEMBELAJARAN SAIN TERKAIT BIDANG FISIKA
A.
Konsep Dasar Fisika
Fisika secara
umum di defenisikan sebagai ilmu tentang zat dan energi,
seperti tentang panas, cahaya, dan bunyi tetapi pengertian tersebut masih
sangat umu sehingga agak sulit untuk memahaminya.
Agar tidak terjadi kesalahan dalam menetukan , tetutama terkait dengan
konsep-konsep dasrnya yang dapat di sajikan pada anak usia dini, maka di bawah
ini untuk membantu para guru akan di sajikan rinciannya yang dapat di
kembangkan pada jenjang pendidikan anak usia dini
©
Materi adalah sesuatu yang
menempati ruang dan berat
©
Wujud materi terdiri dari tiga wujud
dasar yaitu padat, cair , dan gas.
©
Setiap materi di alam ini
memiliki jarak, meskipun sangat dekat
©
Ukuran materi sebagai objek
seperti massa atau beratnya
©
Jarak antara berbagai materi di
bumi
©
Materi dapat di klasifikasikan
berdasrkan ciri-ciri yang dapat di amatinya. Misalnya melalui warna, bau, rasa,
kelarutan, penghantar lisrtik.
©
Materi dapat di hubungkan
dengan materi lain nya untuk menghasilkan hal yang baru,
©
Hakekat materi terkecil atau
partikel terkecil yang di sebut molekul
©
Molekul terbuat dari partikel
terkecil di sebut atom
©
Susunan atam terdiri dari
proton, neutron, dan elektron.
©
Atom di abnagun oleh sejumlah
sunstansi yang di sebut elemen.
©
Energi adalah kemampuan untuk
melakukan sesuatu, wujudnya dapat dalam bentuk cahaya, panas, suara,listrik,
energi gerak dan energi nuklir.
©
Energi yang tersimpan dalam
suatu materi di sebut enrgi potensial.
©
Energi dapat di simpan di buang
atau di selamatkan di sebut konservasi energi
©
Jumlah minyak tahan dalam bumi
bersifat terbatas
©
Manfaatan energi dapat berfariasi,misal
untuk penerangan, pemanasan, dan
lain-lain.
B. Keterampilan
Proses Untuk Memahami Fisika.
1)
Keterampilan dalam pengamatan
Yang dapat di kuasai oleh anak usia dini adalah :
Mengamati ditail objek yang
termasuk kelompok fisika bersadarkan warna, ukuran, kekerasan dll
mengamati perbedaan benda
hangat dan dingin.
Mengidentifikasi suara keras
dan lemah, serta suara tinggi dan rendah
Mengamati gambara dan ciri-ciri
wuduj benda padat cair dan gas.
Mengamati gambaran perubahan
warna bentuk, ukuran, dan kedudukan dari berbagai jenis benda.
Mengamati gambaran perubahan
benda-benda yang menghasilkan listrik dan magnet.
2)
Keterampilan proses
mengklasifikasi
Yang dapat di
kuasai oleh anak usia dini adalah :
Ø
Mengelompokan benda-benda yang
termasuk padat, cair, gas
Ø
Mengelompokan berbagai benda
atau objek berdasarkan ciri fisiknya, baik dari bau maupun rasanya. atau objek
berdasarkan ciri fisiknya, baik dari bau maupun rasanya.
Ø
Mengelompokan aktivitas manusia
yang hemat energi dan boros energi
Ø
Mengelompokan benda benda
dirumah dan dilingkungan yang
mengunakan tenaga listrik dengan yang
tidak menggunakanya.
3) keterampilan
berkomunkasi
Yang dapat di
kuasai oleh anak usia dini adalah :
·
Menggunkan kata
daya/gaya untuk menunjukkan aktivitas mendorong atau menarik suatu obyek
·
Memberikan contoh
posisi dari sutu obyek yang di tunjukkan di aas meja,
·
Menyampaikan hasil
pengukuran jarak antara suatu obyek/tempat ke obyek/tempat lainnyadi lingkungan
sekolah,
·
Menunjukkan gambaran
bentuk mesin atau kendaraan yang di lihat dari garasi atau tempat lainnya.
·
Menjelaskan mengapa
manusia hemat listrik dalamkehidupannya.
·
Menjelaskan
ejumlahkegunaan dan manfaat listrik dalam kehidupan manusia.
·
Menyampaikan
jenis-jenis kendaraan yang di mlki oleh keluargana berdasarkan ciri-cirinya.
·
Membuat poster atau
gambar yang menyajikan tiga pilian sumber energi berdasarkan pengamatan dari
buku,film,atau selama kunjungan lapangan
4)
keterampilan menggunakan angka
atau penjumlahan
Yang dapat di
kuasai oleh anak usia dini adalah :
v Menghitung jumlah pada suatu benda dengan menggunakan alat ukur, misalnya
timbangan.
v Menghitung jarak suatu tempat atau objek di sekolah misalkan jarak antara
ruang kelas, jarak antara sudut, dan sebagainya.
v Menghitung jumlah pesawat saat berkunjung ke iarpot atau jumlah bis saat
berkenjung di terminal bis.
v Menempakan main-mainnya mana yang menggunakan atau di operasikan melalui
energi dan yang tidak ( yang banyak dan sedikit energinya)
v Dengan menggunakan brosur-brosur yang di gunakan dari berbagai dialer
mobil, mengelompokan mobil-mobil mana yang mempunyai energi lebih banyak dan
sedikit.
5)
Keterampilam menyimpulan
Yang dapat di
kuasai oleh anak usia dini adalah :
v
Membuat kesilmpulan tentang
mengapa suatu benda berubah kedudukannya atau dapat berpindah tempat.
v
Membuat kesimpulan agar
pemakaian lisrti di rumah atau sekolah menjadi hemat dan tidak boros.
v
Anak di berikan kesempatan
untuk membuka bagian senter satu prt satu kemudia di minta untuk menyimpulkan
komponen atau bagian-bagainnya.
6)
Keteraampilan proses memprediksi
atau memperkirakan.
Yang dapat di
kuasai oleh anak usia dini adalah :
©
Memeprediksi sebuah senter jika
di isi dengan baterai atau tidak disis dengan baterai apakan akan menyala atau
tidak .
©
Memepridiksi keadaan manusia
jika tidak memilki sumber energi atai listrik dalam kehidupannya
©
Memprediksi yang akan terjadi
jika kita boros menggunakan enegi listrik atau energi lainnya.
©
Memprediksi pilihan energi
penggati listri jika listri tidak ada atau hilang dalam kehidupan
©
Membuat prediksi jumlah gas
yang di gnakan oleh keluarganyaatau orangtuanya di rumah misalkan berapa
tabung.
C.
Ruang
Lingkup Materi Pembelajaran
1. materi
dan gerak
a) lingkup
kajian materi fisika/ kimia,terdiri dari:
·
pengenalan benda cair,
padat dan gas
·
pengenalan perubahan
wujud benda menjadi cair , gas dan padat
·
pengeanalan perubahan
bentuk benda kedalam bentuk dan struktur yang berbeda
b) lingkup
kajian materi gerak,terdiri dari:
·
pengenalan bagaimana
kita agar cepat sampai pada suatu tempat
·
pengenalan bagaimana
balon dapat meletus dan mengudara
·
pengenalan bagaimana
pesawat dapat terbang, khusus nya mesin jet.
2.
Energi dan mesin
Penjabaran
dan lingkp materi energi dan mesin meliputi :
©
Energi, terdiri ;
Bagaimana
energi berpindah dan dapat di manfaatkan, misal mendorong benda dengan benda
bulat.
©
Energi listrik
Pemanfaatan energi lisrtik utnuk
kehdupan mislanya, untuk penerangan, menyalakan tv dan radio
©
Energi suara
Memperkenalkan
suara keras atau lembut, tinggi atau redah serta berbagai ragam suara dari
sumber yang berbeda,misalnya suara binatang, suara mesin dll.
©
Energi cahaya
Diarahkan
pada pengenalan sumber cahaya atau sinar dan manfaatnya bagi kehidupan,
misalnya matahari dan lampu.
©
Energi panas
Di
perkenalkan sumber-sember panas yang
cepat atau lambat panas bagaimana mengatasi atau menghindari benda yang terlalu
panas atau dingin, anak juga di ajak memberdakan bahwa pratek langsung memegang
benda yang hanyat dan dingin.
©
Mesin-mesin
Pengenalan
mesin-mesin sederhana, manfaat dari mesin-mesin dari kehidupan kita. Misalkan
saja : melalui permainan memancing dengan pancingan yang menggunakan rol atau
memutar tali , anak di ajak mengamati roda delman,ddl
D.
STRATEGI ATAU METODE PEMBELAJARAN YANG DAPAT
DIGUNAKAN
1) pembuatan
sudut (area fisika)
Berikut
adalah contoh pembuatan sudut (area fisika):
Ø tema: gejala alam
Ø sub
tema: energi
Ø tujuan :
·
dengan menggunakan
gambar-gambar anak dapat melakukan permainan drama tentang penyelamatan energi.
·
Dengan disediakan
gambar anak mampu memilih gambar yang menunjukan evisiensi energi dan mana yang
merupakan pemborosan energi.
·
Anak dapat membuat
kliping dari guntingan koran atau majalah terkait energi
·
Anak dapat membuat
dafar dan menyebutkan cara menghemat energi dirumah.
·
Anak dapat
menggambarkan berbagai sumber perolehan energi yang bervariasi.
·
Anak dapat menyampaikan
jenis energi yang digunakan dirumah masing-masing.
Keterampilan
proses yang ditekankan:
v Keterampilan
eksperimen
v Keterampilan
berkomunikasi
Material
yang diperlukan:
·
Koran dan majalah
terbaru
·
Kertas, pensil dan lem
·
Kertas gambar
·
Contoh daftar/ rembar rekening
pembayaran listrik
·
Pemanas makanan bayi
·
Kotak membuat es batu
·
Berbagai alat untuk
menunjukan energi
·
Balon berbagai bentuk
dan warna
·
Kertas karton besar
·
Lilin bakar
·
Buku-buku pustaka
tentang konservasi energi
·
Majalah untuk digunting
·
Plastik bening
·
Poster-poster,
gambar-gambar terkait energi, dsb
2)
Pembuatan buletin board
(majalah dinding)
Sebagai
penunjang dan untuk memperkaya kemampuan sains aud di sekolahpu dapat di
kembangkan majalah dinding yang mengemas
tema-tema sesuai dengan ruang lingkup pengembangan sains pada anak usia dini,
contoh pengembangan majalah dinding yang mengacu pada tema atau unik sesuai
tingkat pndidikan aud
v
Tema : gejala alam
v
Sub tem : materi dan
komposisinya
v
Tujaun : Anak dapat mengemlompokan objek menggambar
yang menyatakan wujud materi serta karakteristiknya dengan kategori : padat,
cair,dan gas.
Keterampilan sains yang di tekankan:
Kemampuan menggolongkan
Kemampuan berkomunikasi
Materi yang di perlukan
Materi yang di perlukan :
ü
Kartu-kartu yang berisi gambar,
batuan, plastik berwarna, dan balon.
ü
Gambar botol yang berisi yang
padat, botol berisi cair, botol berisi gas
ü
Daftar katru ciri-ciri dari
materi paling tidak tiga ciri
ü
Amplop manila
ü
Pin
3)
Menemukan dan menggali sain
melalu metode discoviry dan inquiry.
Sejumlah topik
yang relefan untuk pembelajaran dan penggalian sains pada anak
usia dini yang dapat dilakukan secara intekrasi misalnya, tema pesan rahasia
dari perubahan kimia, materi dan perubahannya, pendulum, gas sebagai benda
cair, bagian-bagian pesawat dan sebagainya. Sedangkan khusus yang dapat
didemonstrasikan, misalkan terkait dengan kekuatan aksi reaksi dan sebagainya.
4) Menggunakan kegiatan
permainan
Contoh permainan dan cara pelaksanaan
pada anak usia
dini
Permainan
kertas ilmiah
v Tema :gejala
alam
v Sub tema :gaya
tarik bumigravitsi)
v Tujuan : Anak
dapat mengenal bahwa dalam kehidupan kita ada gaya tarik bumi(gravitas)temasuk
yang semua dapat berdiri karena gaya tersebut.
Pelaksanaannya:
v Materi yang di perlukan
Dua lembar kertas dengan ukuran
yang sama, misal : ukuran A4
v cara
memainkan
o Ambil dua kertas yang
disiapkan
o Perlihatkan kepada
anak-anak bahwa dua lembar kertas sama ukurannya.
o Auruhlah salah satu
seorang anak untuk meremas dan menggumpulkan salah satu kertas tersebut
o Jatuhkan kedua tersebut
ke antai dan ketinggian yang sama
Permainan telor
v
Tema : gejala alam
v
Sub tema ; kepadatan benda
v
Tujuan : anak mampu membedakan kepadatan suatu materi dan
sekaligus hubungan materi lainnya.
Pelaksanaanya
Materi yang di perlukan
Dua buah gelas bening ukuran
minimal untuk volume 200cc
Air 400cc
Garam dapur 4-5 sendok
Telot ayam rebus dua
Cara memainkan ;
Ѿ
Sislah dua gelas yang sama
dengan air yang telah si siapkan
Ѿ
Tambahkan garan kira-kira 4-5
sendok makan ke dalam salah satu gelas yang berisi air, dan aduk hingga larut.
Ѿ
Katakan kepada anak apa yang
akan terjadi selanjutnya.
Ѿ
Masukan satu telor rebus yang
masih bercangkakng ke dalam air tiap-tiap gelas.
Ѿ
Telor yang berada dalam gelas
tampa garam akan tenggelam.
Ѿ
Dan telor yang berada di dalam
gelas yang berisi garam akan mengepung.
Ѿ
Akan lebih baik,jika sebelum di
masukan ke dalam gelas, apa telor akan
tenggelam atau tidak.
Ѿ
Tanyakan pertanyaan yang sama
sebelum memasukan telor ke dalam air garam dan lihat bagaimana mereka tak
meyangka telor akan terapung
Ѿ
Kegiatan dapat di perluas
dengan menggunkan berbagai media lainnya untuk menguju terapung dan tenggelam.
Siasat jus
Q
Tema : gejala alam
Q
Sub tema : tekanan udara (aliran udara)
Q
Tujuan : anak mengenali sifa-sifat udara dalam kehidupan
sehari-hari serta bagaimana menanganinya.
Pelaksanaanya
Materi yang di perlukan
©
Satu gelas jus buah atau
minuman kalenglannya ( seperti coca kola, fanta , dll)
Cara memainkan :
·
Kegiatan ini bagus di lakukan
saat jan istirahat.
·
Buka kaleng jus dengan menarik
perhatiannya, dan sianya hanya di sediakan untuk pembeuka lubang saja. Jika
tidak ada pemetiknya,buatlah lubang sendiri oleh guru dengan paku atau alat
khusus.
·
Tuangkan isi jus atau minuman
sedikit saja
·
Tunjukan kepada anak bertapa
sulit untuk menuangkan isi jus atau minuman tersebut.
·
Sekarang buatlah lubang ke dua
pada kaleng atau minuman tersebut.
·
Liharkan kepada anak bahwa isi
jus atau minuman dapat keluar dengan mudah.
0 komentar:
Posting Komentar